Cara Membuat Daftar Pustaka yang Benar untuk Skripsi

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Benar untuk Skripsi

Daftar pustaka merupakan daftar referensi berupa buku, jurnal, maupun artikel yang dijadikan sebagai acuan. Daftar pustaka harus selalu ada dalam karya ilmiah termasuk dalam penulisan skripsi. Berikut adalah cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar untuk skripsi.

  1. Penulisan Nama

Nama penulis dituliskan secara terbalik yaitu nama belakangnya terlebih dahulu. Nama belakang ditulis kemudian diberi tanda koma lalu dilanjutkan nama depannya. Jika ada lebih dari dua penulis maka nama yang dibalik hanya nama penulis pertama. Semua gelar pendidikan tidak perlu ditulis di daftar pustaka.

Ada beberapa buku yang tidak memiliki nama penulis atau pengarang. Biasanya buku-buku ini dibuat oleh kelompok tertentu berupa tim penulis atau dari organisasi maupun komunitas tertentu. Nama penulis bisa digantikan dengan nama tim atau kelompok yang menulis buku, seperti Tim Mitra Guru atau Tim Penulis Indo.

  1. Penulisan Tahun Terbit

Tahun terbit dituliskan setelah nama penulis dan dipisahkan dengan tanda titik. Pastikan Anda melihat data tahun terbit dengan teliti. Ada beberapa buku yang dicetak dan diterbitkan beberapa kali. Jangan menggunakan tahun dimana buku itu dicetak atau diterbitkan untuk pertama kali.

  1. Penulisan Judul

Judul buku dituliskan setelah tahun terbit buku dan dipisahkan tanda titik. Judul buku harus ditulis secara lengkap tidak boleh ada yang dikurangi atau dilebihkan. Judul buku harus dicetak miring. Jika sumber berasal dari jurnal maka yang dicetak miring bukan judul jurnal melainkan nama jurnalnya.

  1. Penulisan Kota Terbit dan Nama Penerbit

Bagian terakhir yang perlu dituliskan adalah kota terbit dan nama penerbit. Tuliskan kota terbit terlebih dahulu kemudian tandai dengan titik dua (:) lalu tuliskan nama penerbit. Aturan ini juga berlaku untuk sumber dari jurnal.

  1. Khusus Sumber dari Internet

Jika Anda menggunakan sumber dari internet, maka urutannya akan berbeda. Tuliskan nama, tahun penayangan artikel, judul artikel yang ditulis dalam tanda kutip tanpa dicetak miring, alamat URL, dan waktu pengambilan. Penulisan daftar pustaka dari internet dipisahkan dengan tanda koma bukan tanda titik.

Itulah cara membuat daftar pustaka yang benar untuk skripsi Anda. Mulai dari sekarang biasakan diri untuk menulis daftar pustaka dengan benar. Menulis daftar pustaka dengan benar menunjukkan bahwa Anda teliti dan menghargai karya orang lain.