Trik dan Cara Edit Video agar Tidak Kena Hak Cipta

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para kreator adalah copyright. Kepemilikan hak cipta tersebut akan memberikan dampak yang merugikan jika Anda melanggarnya, misalnya plagiat. Misalnya apakah isi dari konten maikunity blog sama tidak dengan website yang lainnya. Jika sama, maka resiko terberatnya adalah suspend website.

Masalah plagiat tersebut juga kini semakin ketat terutama dalam pembuatan video. Apakah ada video dan musik yang diambil tanpa adanya izin atau tidak. jika ada, maka resikonya video bisa di-take down dan bahkan Anda bisa dituntut. Karena hal tersebut, untuk menghindari copyright, ada beberapa cara editing yang dapat Anda coba.

  • Kompilasi Video

Mengambil video merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakuakn tanpa izin. Jikapun Anda mengambil video gratis, Anda tidak boleh hanya serta merta menggunakannya tanpa memberi credit. Gunakan video tersebut dan kompilasikan sekreatif mungkin. Misalnya dari 30 detik video yang Anda ambil, Anda hanya menggunakan 5-10 detik dari video tersebut. Jangan lupa sertakan juga sumber video sebagai post credit terhadap pemilik aslinya.

no copyright

  • Licence Creative Commons

Jika Anda takut melakukan kompilasi bahkan setelah Anda mencantumkan sumbernya, Anda bisa menggunakan video yang mempunyai licence creative commons. Cara untuk mencarinya adalah:

  1. Buka website atau aplikasi youtube.
  2. Masukkan keyword untuk video yang Anda inginkan lalu enter.
  3. Nantinya akan muncul video dengan lisensi creative commons dan di bagian filter, pilih creative commons.
  4. Unduh jenis video yang Anda inginkan dan lakukan pengeditan sekreatif mungkin.
  • Mengubah Resolusi dan Efek

Ubah resolusi video yang Anda buat. Misalnya dari video dengan resolusi 1080p, Anda ubah menjadi 460p. Untuk merubah resolusi tersebut Anda bisa menggunakan software atau aplikasi. Setelah resolusi diubah, maka Anda bisa menambahkan efek tertentu. Misalnya efek untuk kesan 90an atau frame atau yang lainnya.

  • Gunakan Audio Bebas Copyright

Bukan hanya video yang harus bebas copyright namun juga audio yang dipergunakan. Banyak jenis audio yang tidak memiliki copyright. Anda Bisa menggunakan audio tersebut untuk backsound dari video yang Anda buat. Untuk merubah audionya, Anda bisa menggunakan software seperti audacity.

  • Menambahkan Intro dan Outro

Tambahkan awalan atau sisipan pada rangkaian video yang Anda buat agar tidak terkena hak cipta. Namun, lakukan hal ini sekreatif mungkin sehingga video yang dibuat tersebut enak untuk dilihat. Untuk intro dan outro tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri atau dengan menggunakan template audio yang tersedia di software atau aplikasi yang anda gunakan.

Dengan 5 cara tersebut, video yang Anda edit bisa bebas dari Copyright. Namun, akan lebih baik jika sebelum menggunakannya, Anda sudah izin terlebih dahulu dari pemilik video dan menuliskan di credit postnya. Tujuannya adalah agar Anda tidak dianggap pencuri dan Anda juga tidak mengalami masalah di kedepannya.