Ini Dia Cara Cek Backlink Website Dengan Webmaster

Cara Cek Backlink Website

Backlink menjadi salah satu cara yang paling terbaik untuk membangun sebuah website yang menjadi lebih baik. Secara umum, menggunakan backlink pada blog ataupun website kita akan berdampak baik dan sangat bermanfaat untuk kinerja website atau blog kita.

Mungkin orang awam belum mengetahui dengan cara cek backlink website. Tapi tenang, setelah pembahasan website untuk bikin logo secara gratis, selanjutnya kami akan membahas tentang cara-cara dalam mengecek backlink website. Berikut ini pembahasannya.

1. Mencari tools di Google Webmaster

Berikut dibawah inilah yang menjadi tools yang penting dalam mengikuti cara cek backlink website.

  • Akun Google (Webmaster).
  • Akun SEMrush.
  • SEOquake Browser Extension.

Apakah anda belum mempunyai akun SEMrush? Cobalah untuk mendaftar dengan menggunakan sebuah email aktif anda.

Langkah yang selanjutnya adalah memasang tools SEOquake Browser Extension, browser yang di dukung seperti Safari, Opera, Mozilla Firefox hingga Google Chrome. Dalam hal ini, anda dapat mengetik “SEOquake” di menu addons (Extension Browser), lalu klik Instal. Langkah yang selanjutnya adalah anda dapat melakukan pencarian Google dan anda bisa melihat hasilnya.

2. Menghubungkan SEMrush Analisis Dengan Google Webmaster

Cara cek backlink website berikutnya adalah anda dapat menghubungkan SEMrush analisis dengan Google Webmaster. Hal ini bertujuan untuk menilai serta melihat Domain Score ataupun Trusted Score dengan cara yang langsung dari Google Webmaster, khususnya pada backlink yang dimiliki oleh anda. Masuk pada Google Search Console (Google Webmaster). Dan, di menu yang berada di sebelah kiri, dimana anda dapat memilih “Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda”.

Kemudian anda akan melihat tampilan daftar backlink yang akan mengarah pada website anda, dan untuk mengkaitkannya dengan SEMrush, anda dapat mengklik “Connect” di tulisan Get Trust metrics with free SEMrush account > Connect.

Lalu, anda dapat masuk dengan menggunakan akun SEMrush. Dengan begitu, anda akan melihat daftar domain atau backlink yang terarah pada website anda. Anda dapat mengklik “More” agar bisa mengetahuinya lebih banyak lagi. Apabila tidak di inginkan, maka sebagai jalan alternatifnya adalah menggunakan fitur yang berasal dari Google Webmaster seperti Disavow Links.

3. Cara memakai Fitur Disavow Links di Google Webmaster

Pasti anda akan bertanya bagaimana cara menggunakan Disavow Link. Jadi gini, anda dapat mendownload daftar link yang terbaru di menu Download latest links, kemudian tandai link maupun domain yang di inginkan oleh anda. Lalu, anda dapat membuat suatu file berekstensi seperti *.txt, masukkan link/domain yang telah ditandai oleh anda.

Sebelum melanjutnya, anda harus tahu kalau fitur ini berfungsi untuk melihat perubahan yang berasal dari Algoritma Google. Langkah yang selanjutnya adalah anda dapat menyimpan dengan menggunakan nama format anda. Sesudah itu anda dapat masuk pada halaman Disavow Links, dan pilihlah Properti situs > Disavow links. Upload file atau format anda tadi. Kemudian, pilihlah “Submit” dan selanjutnya tekan “Done”.