Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Pakai 2 Rumus Ini

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Pakai 2 Rumus Ini

Menulis artikel yang baik dan benar terdengar mudah, tapi sebenarnya tidak semudah dibayangkan. Ada beberapa kaidah wajib dalam penulisannya.

Artikel merupakan karangan bebas yang ditulis dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan di media massa. Tujuan penulisannya adalah untuk menyampaikan gagasan serta fakta untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

Ada beberapa jenis artikel yang perlu Anda ketahui. Tiap jenisnya ini memiliki tujuan serta bentuk isi berbeda.

Jenis – jenis artikel berdasarkan tujuannya antara lain adalah artikel deskripsi, narasi, eksposisi, persuasif, dan argumentasi. Sedangkan artikel dari bentuk isinya antara lain adalah artikel ilmiah, opini, tutorial, dan review.

Menulis artikel yang baik dan benar tentu mudah bagi orang – orang yang sudah ahli dalam menulis. Namun bagi pemula atau kurang handal menulis, tentu akan sulit menuangkan gagasannya ke dalam sebuah tulisan.

Sebenarnya tidak ada tips khusus untuk menulis sebuah artikel yang baik dan benar. Namun ada dua rumus baku jika ingin tulisannya menjadi baik, benar serta enak dibaca, apa saja rumusnya?

Menulis Artikel yang Baik dan Benar Harus Memenuhi Unsur 5 W 1 H

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Pakai 2 Rumus Ini
Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar, Pakai 2 Rumus Ini

5 W 1 H adalah singkatan dari What, Where, When, Who, Why dan How. What membahas tentang apa persoalan yang ditulis.

Where dan when membahas tentang lokasi serta kapan kejadian dari isi tulisan. Who menyangkut siapa saja yang dibahas. Why menyangkut tentang kenapa persoalan terjadi dan how, yaitu tentang bagaimana persoalan itu bisa terjadi serta bagaimana diselesaikan.

Jika tulisan mengandung unsur 5 W 1 H, pasti akan enak dibaca serta runut atau tidak lompat-lompat pembahasannya. Selain itu tulisan menjadi lebih tersistematis dan juga lengkap.

Rumus 5 W 1 H ini juga wajib digunakan oleh para wartawan atau reporter dalam menulis berita di media massa. Baik itu media cetak, media elektronik maupun media online.

Tentukan Tema Tulisan

Selain menerapkan rumus 5 W 1 H dalam menulis artikel yang baik dan benar, Anda harus menentukan tema pembahasan. Tema ini akan menjadi ide utama dari artikel, kemudian diturunkan dalam pembahasan.

Misalnya, Anda sudah menentukan tema tentang budidaya durian. Dari tema tersebut, Anda bisa mengeksplorasi atau menjabarkannya ke pengantar, pembahasan serta kesimpulan.

Dalam pengantar, Anda bisa menjabarkan tentang apa itu durian, di mana bisa mendapatkan bibit durian, kapan bisa tanam dan masa panen, siapa saja yang menjual atau bisa membeli durian.

Ada unsur What, When, Where, dan Who dalam bagian pengantar ini. Selanjutnya dalam tahap pembahasan, Anda bisa menjabarkan tentang why atau kenapa durian menjadi obyek pembahasan.

Misalnya karena manfaatnya atau harga jualnya yang tinggi. Kemudian juga tentang how atau bagaimana cara budidaya durian dari tanam hingga panen dan menjualnya ke pembeli.

Bagian terakhir adalah kesimpulan, yaitu berisi rangkuman dan intisari dari artikel Anda. Menulis artikel yang baik dan benar akan semakin mudah jika bertumpu pada dua rumus di atas dan sering –sering latihan karena jam terbang juga mempengaruhi kualitas tulisan.