Cara Edit Video di Photoshop dengan Mudah

photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang dipergunakan untuk kebutuhan grafis seperti mengedit foto. Namun ternyata, photoshop bisa juga dijadikan sebagai media untuk pelayanan jasa edit video milik Anda.

Walaupun begitu, video yang dihasilkan dengan menggunakan adobe photoshop tidaklah panjang. Sebelum memulai mengedit, anda harus menyiapkan dahulu video mana yang akan Anda edit. Sebaiknya tempatkan di 1 folder saja agar Anda mudah untuk mengimportnya.

edit video dengan photoshop
edit video dengan photoshop. pic: youtube.com by Matthew Gore

Jangan lupa siapkan space atau storage dan hindari membuka aplikasi/software lain agar editing video lebih lancar tanpa adanya hang. Setelah itu, lakukan cara berikut ini:

  1. Buka software adobe photoshop yang Anda miliki.
  2. Buka bagian windows lalu timeline yang akan dipergunakan untuk mengedit videonya.
  3. Buka file yang akan Anda edit dengan cara file > open> jenis file yang akan Anda pilih. Klik di gambar pertama dan di kotak image sequence.
  4. Pada bagian frame rate, tentukan berapa jumlah frame per second yang Anda inginkan. Untuk memilihnya, ada kotak drop down yang menawarkan beberapa opsi. Namun, Anda tetap bisa menetapkannya sendiri berapa fps yang Anda inginkan. Lalu klik ok.
  5. Untuk pengaturannya, tidak jauh berbeda dengan bagaimana ANda mengedit foto di photoshop. Bedanya, Anda menggunakan timeline dan video yang akan diedit. Anda bisa berkreasi sesuka hati anda.
  6. Jangan lupa untuk menyimpannya terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar ketika ada mati lampu ataupun laptop tiba-tiba mati sendiri, Anda masih memiliki filenya. Caranya adalah klik save/save as atau import dan simpan sesuai dengan nama yang Anda inginkan.
  7. Jika file tersebut sudah diedit, Anda bisa mengekspor nya. Carfanya adalah pilih file lalu export. Nantinya ada kotak dialog dan pilih lokasi penyimpanan file tersebut.
  8. Untuk jenis file, Anda bisa memilih QuickTime Movie dan kemudian pilih Setting. Di bagian ‘setting’ pilih ‘compression type H.264’ lalu ok. Pilih saja ukuran 1280 x 720 HD atau sesuai keinginan Anda lalu centang bagian ‘preserve ratio.
  9. Pilih Letterbox di bagian menu drop-down. Kemudian pilih ok dan render.
  10. Tunggu proses rendering hingga selesai. Selama proses rendering ini, sebaiknya jangan membuka software lain terlebih dahulu. Ini karena photoshop termasuk software yang cukup berat dan memakan banyak space. Jika komputer terlalu sibuk, maka akan memperberat kerja photoshop.
  11. Jika hasilnya video memiliki timing yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa mencoba mengulanginya. Caranya adalah dengan buka window > animation. Klik icon segita terbalik dan pilih waktu yang diinginkan untuk per framenya. Cek durasinya dengan mengklik tombol di ‘strip film’ kecil. Lalu render.
  12. Tunggu proses rendering selesai dan tonton apakah file tersebut sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Begitulah cara untuk mengedit video menggunakan photoshop. Semoga membantu Anda untuk semakin berkreasi.