5 Pengertian Web Menurut Para Ahli dan Jenisnya

5 Pengertian Web Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Dewasa ini, istilah website atau web atau situs bukan lagi istilah yang baru. Namun, mungkin sedikit dari Anda yang mengerti arti web. Jika Anda salah satunya, maka simak pengertian web menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Website Menurut Ahli

Banyak ahli yang mengungkapkan pengertian dari website yang berbeda-beda. Setidaknya ada 5 pengertian web menurut para ahli dengan inti seperti berikut ini.

  • Gregorius (2000:30)

Website merupakan kumpulan dari halaman website yang saling terhubung dan filenya berkaitan dalam 1 website terdiri dari beberapa page atau halaman.

Dengan begitu, kumpulan halaman disebut dengan homepage. Sedangkan halaman yang berada di bawah homepage dinamakan sebagai child page. Child page inilah yang berisi hyperlink dari halaman satu ke halaman lain di website.

  • Hakim Lukmanul (2004)

Website merupakan fasilitas internet yang mengaitkan dokumen di lingkup lokal dan jarak jauh. Dokumen disebut dengan web page dan memiliki link website untuk mengaitkan antara page yang satu ke page lainnya. Baik page yang tersimpan dalam 1 server ataupun server lain yang ada di seluruh dunia.

Untuk mengakses website, maka Anda perlu browser seperti Google Chrome, Netscape Navigator, Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

  • Arier (2011:7)

Menurut Arief, website merupakan aplikasi dengan beragam dokumen multimedia seperti teks hingga video dan di dalamnya menggunakan protokol HTTP. Untuk mengakses website, dibutuhkan perangkat lunak atau software yang disebut dengan browser.

  • Sibero (2011:11)

Sibero mengatakan kalau website merupakan sistem yang berkaitan dengan dokumen sebagai media untuk menampilkan gambar, teks, multimedia serta yang lainnya di jaringan internet.

  • Hidayat (2010:6)

Menurut Hidayat, website adalah keseluruhan halaman website di dalam domain yang mengandung informasi.

Jenis Website yang Perlu Diketahui

5 Pengertian Web Menurut Para Ahli dan Jenisnya
5 Pengertian Web Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Secara keseluruhan, ada 3 jenis website yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Website Statis

Website statis merupakan website dengan halaman yang tidak berubah dan jika ada perubahan, maka dilakukan secara manual. Alhasil, jenis website ini hanya bisa digunakan dan dioperasikan oleh orang yang memahami dengan baik bahasa pemrograman.

Contohnya, yaitu website perusahaan dan search engine.

  • Website Dinamis

Website dinamis merupakan website yang bisa di update sesering mungkin. Alhasil, tampilan dari website ini bisa berubah-ubah.

Untuk mengubah tampilannya, Anda bisa mengedit kode atau tampilan pada platformnya. Karena kemudahan inilah, jenis website dinamis banyak dipergunakan baik untuk tujuan bisnis atau pribadi.

(baca: langkah membuat website gratis)

Contoh jenis website dinamis, yaitu website portal, situs berita, blog.

  • Website Interaktif

Website interaktif merupakan website untuk berinteraksi dengan user lain secara langsung. Umumnya, website ini digunakan oleh komunitas agar bisa saling berinteraksi.

Contoh website interaktif, yaitu media sosial, forum.

Dari pengertian web menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan kalau website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi. Untuk mengaksesnya, Anda perlu browser dan jaringan internet. Dengan begitu, Anda bisa mengakses dan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.